Hadits-hadits shahih tentang wanita



Hadits-hadits shahih tentang wanita

Wanita adalah makhluk yang indah dan akan lebih indah jika menjaga attitute-nya dengan baik. Ada banyak sekali dalil yang membahas masalah wanita baik mengenai kelebihan wanita maupun kekurangannya. Kali ini kita ingin mengetengahkan hadits-hadits shahih seputar wanita dan hal yang sangat terkait dengan wanita, menutup aurat. Semoga bermanfaat.
1.      Wanita yang sholehah sebaik-baiknya perhiasan dunia
Abdullah Bin Amr RAmeriwayatkan sabda Rasulullah SAW:”sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR Muslim).
2.      Wanita dinikahi karena 4 perkara
“Wanita itu dinikahi karena empat perkara, yaitu karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah olehmu wanita yang punya agama engkau akan beruntung.”(HR Al-Bukhari)
3.      Rasul menyuruh kita untuk berbuat baik kepada wanita
“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah ia mengganggu tetangganya dan berbuat baiklah kepada wanita. Sebab mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika engkau meluruskannya, maka engkau mematahkannya, dan jika engkau biarkan maka akan tetap bengkok. Oleh karena itu, berbuatlah baik kepada wanita.” (HR Bukhari dan Muslim)
4.      Wanita tidak boleh berpuasa jika suaminya ada di rumah
“Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada(tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)
5.      Wanita akan dimurkai jika menolak suami
“Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya lalu si istri menolak (enggan) melainkan yang di langit murka terhadapnya hingga sang suami ridha padanya.” (HR Muslim)
6.      Malaikat akan melaknat seorang istri jika meninggalkan tempat tidur suami
“Apabila seorang istri bermalam dalam keadaan meninggalkan tempat tidur suaminya, niscaya para malaikat melaknatnya sampai ia kembali (ke suaminya).” (HR Al-Bukhari)
7.      Meminjamkan jilbab
Kisah wanita yang akan berangkat menunaikan shalat ‘ied, ia tidak memiliki jilbab, maka diperintah oleh Rasulullah SAW: “hendaknya saudarinya meminjaminya jilbab untuknya.” (HR Bukhari)
8.      Wanita wajib menutup aurat
“Wahai anakku Fatimah! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu di dunia tiddak mau menutup rambutnya daripada dilihat laki-laki yang bukan mahramnya.” (HRBukhari dan Muslim)
9.      Ancaman wanita yang membuka aurat
“Dua golongan ahli neraka yang tidak pernah aku lihat: seorang yang membawa cemeti seperti ekor sapi yang memukul orang-orang, dan perempuan yang berpakaian tetapi telanjang berlenggak-lenggok, kepalanya bagaikan punuk unta yang bergoyang. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mendapatkan baunya sekalipun ia bisa didapatkan dari jarak sekian dan sekian.” (HR Muslim)
10.  Yang boleh terlihat hanya muka dan tangan
Asma Binti Abu Bakar telah menemui Rasulullah SAW dengan memakai pakaian yang tipis, sabda Rasulullah “Wahai Asma! Sesungguhnya seorang gadis yang telah berhaid tidak boleh baginya menzahirkan anggota badan kecuali pergelangan tangan dan wajah saja.” (HR Bukhari dan Muslim)

Seorang yang menggemari game, anime, dan kegiatan terpaku didepan layar. Diam adalah jalan ninjaku!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »