Cara Atasi Wi-Fi Dissabled Dan Wi-Fi Off Pada Laptop



CARA ATASI WI-FI DISSABLED DAN WI-FI OFF PADA LAPTOP

WiFi yang ter-disabled dan WiFi yang ter-Off akan menjadi masalah karena kita tidak dapat mengakses jaringan komputer dan internet dengan lancar. Hal ini membuat pekerjaan berselancar ke dunia internet akan terganggu begitu juga dalam hal koneksi dengan jaringan lokal yang menggunakan perangkat wireless tidak akan dapat dilakukan dalam kondisi tersebut. Dan kita tentunya harus mengaktifkan WiFi yang ter-disabled atau pun yang ter-Off tersebut. Jaringan WiFi dapat juga ter-disabled atau pun ter-Off, kedua kondisi tersebut berbeda satu sama lain, namun sama-sama membuat tidak dapat terkoneksi ke perangkat wireless lain. Di bawah akan saya jelaskan perbedaan keduanya dan cara mengatasi kedua hal tersebut dengan baik dan langkah demi langkah.


Perbedaan Wireless Disabled dan Wireless Off:
1.    Wireless Disabled: adalah kondisi di mana kerja wireless adapter akan dinonfungsikan atau diset menjadi disabled, untuk mengembalikannya dengan cara meng-Enable-kan kembali, maka statusnya akan menjadi Enabled. Jika kondisi Off, tampilan pada System Tray akan terlihat seperti gambar di bawah ini. 
 

2.    Wireless Off: perangkat wireless tidak akan berfungsi sama sekali walaupun Wireless Adapter dalam status Enabled (hidup). Jika kondisi Wireless Network menjadi Off, tampilan pada system tray akan terlihat seperti gambar di bawah ini. 


Mungkin banyak yang mengalami kendala WiFi yang mati atau tidak bisa terhubung ke suatu jaringan. Masalah ini dapat diatasi dengan mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang yang sudah bisa mengoperasikan komputer asalkan mau belajar dengan langkah-langkah yang akan dijabarkan pada tulisan di bawah. Secara default Wireless akan berfungsi atau dalam keadaan Enabled dan On. Namun, karena sesuatu hal yang tidak diketahui atau lupa, seperti ter-klik tanpa sengaja atau ter-setting tanpa sengaja atau tidak, atau memang sengaja wireless (WiFi) dinonaktifkan oleh orang lain ketika membuka/menggunakan komputer/laptop tersebut. Kita harus bisa membedakannya agar dapat ditangani dengan cepat dan tepat.
Cara mengatasi PC yang mengalami Wi-Fi Disabled..caranya sangat mudah berikut dibawah ini:

1.    Buka Control Panel dengan cara klik start pilih control panel.
2.    Pilih Network And Sharing Center
3.    Klik Change Adapter Setting (berada di sebelah kiri layar)
4.    Arahkan cursor pada Wireless Network Connection, klik kanan lalu pilih Enable


5.    Tunggu prosesnya lalu lihat perubahan yang terjadi pada system tray


Cara On Wireless: yaitu mengaktifkan kerja Wireless, jika tersetting ke Off maka Wireless Network Connections tidak akan berfungsi walaupun sudah di-enable seperti di atas. Untuk itu kita perlu mengeceknya dan mengaktifkan kembali sehingga posisinya aktif (On). Jika kondisinya sedang dalam Off (mati), akan tampil Icon pada System Tray seperti gambar di bawah ini, icon tersebut juga tampil pada keadaan lain seperti jika tidak ada terdeteksi perangkat Wireless lainnya. Atau seperti berada di luar jangkauan WiFi.

 
Untuk mengaktifkannya kembali dari Off menjadi On, yaitu dengan cara membuka aplikasi "Windows Mobile Center" yang bisa anda temukan di tombol Start. Atau dapat juga dengan menekan tombol Windows + X pada keyboard anda. Maka akan tampil jendela Windows Mobile Center dengan status Wireless Network “off”, selanjutnya klik tombol "Turn wireless on" seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan Wireless yang sudah aktif kembali atau pada posisi On (hidup) tapi belum terhubung ke jaringan wireless, lihat gambar di bawah ini.


Sementara itu jika Wirelessnya ter-Disabled akan tampil seperti ini.


Semoga anda bisa membedakannya agar bisa segera mengatasi masalah yang kalian temui.
Demikian adalah cara mengatasi wi-fi dissabled dan wi-fi off. Terima kasih atas kunjungannya..semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat blogger semua..:) :)





Seorang yang menggemari game, anime, dan kegiatan terpaku didepan layar. Diam adalah jalan ninjaku!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »