Pengertian, Jenis-Jenis Power Supply, dan Penjelasannya



Pengertian, Jenis-Jenis Power Supply, dan Penjelasannya

Pengertian - Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang biasa ada pada bagian belakang casing. Perangkat ini berfungsi memberi daya terhadap komponen lainnya, seperti motherboard, Processor, RAM, Hard disk, dan lain sebgainya. Karena perangkat keras komputer hanya bisa beroperasi menggunakan arus DC, maka pada power supply terjadi suatu perubahan arus dari AC (bolak-balik) dan DC (Searah).


1. Power Supply AT
Power Supply AT merupakan jenis power supply lama dan mulai jarang digunakan, bahkan sudah tidak digunakan sama sekali. Untuk Power Supply Jenis AT, dalam melakukan pemasangan kabel power ke motherboard, kabel berwarna hitam pada dua konektor harus bertemu ditangah bila disatukan.

Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung dengan tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan, kita harus menekan tombol power yang ada pada casing bagian depan.
Ciri-ciri Power supply AT:
·         Kabel ower untuk motherboard terdiri dari 8-12 pin
·         Tombol ON/OFF bersifat manual, karena ketika shutdown PC tidak langsung otomatis mati tetapi harus menekan tombol power di casing
·         Daya rata-rata dibawah 250 watt

2. Power Supply ATX
Power supply jenis ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenis power supply yang saat ini paling banyak digunakan. Yag membedakannya dengan power supply AT adalah cara pemasangan kabel power ke motherboard yang lebih mudah dan praktis. Tidak perlu khawatir akan terbalik, karena jenis konektor pada kabel sudah diesuaikan dengan jenis slot yang ada pada motherboard. 


Ciri-ciri power supply ATX:
·         Kabel power untuk motherboard terdiri dari 20-24 pin
·         Ketika shutdown PC akan otomatis mati
·         Terdapat tambahan power SATA
·         Daya lebih besar
·         Efisiensi lebih baik

Semoga bermanfaat..Terima Kasih Atas Kunjungannya :)

Seorang yang menggemari game, anime, dan kegiatan terpaku didepan layar. Diam adalah jalan ninjaku!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »